JAUHARI samalanga

Beranda » NYAWOUNG ACEH » Albom Nyawoung Aceh

Albom Nyawoung Aceh

kasetAlbum Aceh Nyawoung merupakan satu karya musik garapan yang dikerjakan penuh oleh putra-putri Aceh yang berkompeten dibidang musik. Kehadiran kaset Album Aceh Nyawoung ini sekaligus ingin menjawab keragu-raguan bahwa musik Aceh sangat lemah dan tidak mencerminkan suatu kebudayaan yang tinggi, hal itu akibat industri musik Aceh dewasa ini kebanyakan tidak memiliki konsep yang matang.

Latar belakang itulah yang menyebabkan Joe Project—kelompok idealis seni Aceh—mencoba menelurkan karya bebas untuk musik Aceh. Dua kekuatan modern dan tradisi diramu kedalam satu konsep musik Aceh. Sehingga, kendati terdengar meraung-raung tetapi tetap kuat memainkan percusi Rapai. Rapai adalah alat tetabuhan khas Aceh yang berbentuk bulat seperti rebana yang satu sisinya terdapat sepasang tamborin.

Lirik-lirik yang terdapat di dalam album Aceh ini, lebih banyak mengetengahkan persoalan sosial dan sangat dominan dengan sejarah-sejarah Aceh masa lalu dan sederetan persoalan yang pernah berlangsung dalam dekade ini. Alasan memilih lirik sejenis itu tidak lain untuk lebih mendokumentasikan masalah-masalah yang pernah berlangsung di Aceh. Dan ini tentu saja disesuaikan dengan kekuatan musik dan lagu Aceh yang berakarkan pada irama Melayu dan Arab.

Jadi tidak mengherankan apabila Dedy Andrian MTZ, yang bertindak sebagai Pengarah Musik, menghadirkan musik yang tidak terbatas pada Aceh, karena memang, bagi musik Aceh, kekuatan yang paling utama adalah Liriknya sendiri, disamping sangat penting mendekatkan irama tradisi yang ada seperti Rapa’i, Genderang Aceh, Serune Kalle dan Nandong, sebuah kesenian biola yang biasanya dimainkan pada acara-acara tradisi di Sinabang, salah satu daerah di Aceh. Dedy Andrian dibantu penuh oleh Mukhlis yang bertindak sebagai Vocalis, Rapa’i dan Genderang Aceh.

Mukhlis sendiri di Aceh dikenal sebagai pemain tradisi dan baru pertama kali terlibat dalam penggarapan album. Selain Dedy dan Mukhlis, album ini juga diperkuat oleh Dek Te (Serune Kalle) Dan Cut Ajarizka (Vocal).
Album Aceh Nyawoung ini juga merupakan Album Aceh pertama yang memiliki standar dunia, dimana proses recording telah memenuhi syarat. Mulai dari pemilihan studio standar hingga melalui proses Mastering.

Dan atas bantuan semua pihak sehingga album ini bisa dinikmati, kami ucapkan terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: